Jumat, 28 Januari 2011

OUT OF THE BOX

Ini sebuah cerita kecil dibalik kesuksesan Columbus yang menemukan benua Amerika. Columbus setelah penemuan yang fenomenal itu, menjadi sangat terkenal & diagung-agungkan oleh raja & seluruh rakyat. ia pun diangkat menjadi bangsawan kehormatan kerajaan. Kepopuleran columbus itu membuat beberapa orang iri kepadanya.

Pada suatu hari, columbus mengadakan pesta, dalam pesta itu dia menceritakan semua kisah yang dihadapinya dalam mencari benua baru tersebut, semua tamu terpukau & mengakui kehebatannya. Namun beberapa orang yang iri dengan sinis berkata "apa hebatnya dia?? dia cuma berlayar & kebetulan saja menemukan benua baru..siapa saja juga bisa melakukan itu". Mendengar hal itu, columbus kemudian menantang orang-orang yang iri tersebut. "marilah kita bertanding untuk membuktikan siapa yang lebih baik, siapapun yang bisa membuat telur-telur rebus itu berdiri diatas meja makan ini, maka semua gelat, harta kekayaanku akan kuserahkan padanya". orang-orang yang iri tersebut menerima tantangan columbus

Kemudian mereka mulai berusaha untuk membuat telur-telur rebus itu berdiri diatas meja makan, namunkarena telur adalah ellipse, maka cukup mustahil untuk bisa berdiri di atas meja, setiap kali dicoba, telur-telur itu langsung menggelinding jatuh. Akhirnya mereka pun menyerah. kini tiba giliran columbus, dia memegang telur rebus itu diatas meja dengan posisi berdiri sambil dipegangi, kemudian dengan tangan satunya dia tekan ujung atas telur ke meja sehingga ujung bawah telur remuk dan memipih..sehingga telur dapat berdiri. Melihat hal tsb, orang-orang yang iri dengan sinis berkata "Ah...kalo caranya gitu, kami juga bisa..." dengan tersenyum columbus berkata " Kalau begitu, kenapa tidak kamu lakukan?"

Kisah diatas mengajarkan kita bahwa kesuksesan & keberhasilan berasal dari suatu tindakan nyata atas gagasan.

Columbus & beberapa orang pada masa itu mempunyai gagasan tentang bumi itu bulat, hal itu jelas bertentangan dgn kepercayaan dunia pada waktu itu yang percaya bumi itu datar.

ketika ia mengutarakan niatnya ber expedisi, banyak orang termasuk keluarganya yang menganggapnya gila, namun ia tetap teguh & gigih pada pendiriaannya, perjuangannya tidak ringan, ancaman hukuman mati atas pengingkaran hukum tuhan, sampai pemberontakan anak buah kapalnya, ia hadapi dengan tegar hingga akhirnya sejarah mencatatnya sebagai penemu benua & pelaut handal

Seringkali kita menemuka orang lain atau bahkan diri kita sendiri mengalaminya disaat kita punya ide,konsep,gagasan namun terlalu takut untuk mewujudkannya dalam sebuah aksi nyata & akhirnya ide itu hanya menjadi semu...& berlalu dikikis waktu

Ketakutan atas kegagalan, penilaian miring orang lain, penderitaan dsb membuat kita terhalang untuk sukses. ketakutan ini pula yang membuat kita iri akan keberhasilan orang lain. kita sering berkata miring atas sukses orang lain "ah dia sih cuma beruntung aja...aku pun bisa melakukannya"


Hal sulit butuh waktu, hal mustahil butuh waktu sedikit lebih lama, tapi orang yg bertahan sampai akhir akan menang...mana yang akan anda pilih?? gagal karna terlalu takut gagal? atau berhasil karna tidak takut gagal ....its your choices!!!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar